Ragam Penyebab Jari Tangan Terasa Sangat Nyeri


Hampir semua aktivitas yang membutuhkan tangan untuk menyelesaikannya. Karena itu, nyeri pada persendian jari bisa sangat mengganggu. Untuk mengatasinya dengan benar, Anda harus terlebih dahulu memahami apa penyebab nyeri jari.

Biasanya ciri utama yang dirasakan adalah nyeri pada jari-jari saat menekuk. Tidak hanya itu, persendian juga sangat mungkin untuk menjadi kaku.

Penyebab Nyeri Jari

Beberapa hal umum yang menyebabkan nyeri sendi jari antara lain:

Sindrom Karpal

Carpal syndrome juga bisa menjadi penyebab nyeri jari jika sudah terlambat. Pemicu sindrom ini adalah adanya tekanan berlebihan pada urat dan pergelangan tangan. Saat kondisinya memburuk, mungkin juga ada kram dan sensasi terbakar di jari.

Cedera Sendi

Salah satu penyebab belut adalah cedera sendi. Ini terjadi ketika ligamen di jari ditarik atau robek. Misalnya saat olahraga, jatuh, postur tubuh yang salah saat mengangkat beban berat dan aktivitas lainnya. Gejala yang timbul dari cedera sendi ini tidak hanya nyeri pada jari tangan, tetapi juga disertai pembengkakan. Tentu saja sakit jari jika itu juga tidak bisa dihindari.

Jari pelatuk

Jari pelatuk juga bisa menyebabkan rasa sakit saat membungkuk. Ini terjadi ketika jari tampak terkunci dalam posisi bengkok. Penyebabnya adalah peradangan yang mempersempit ruang di selubung di sekitar tendon. Sensasi nyeri jari ini juga terjadi pada semua orang mulai dari petani hingga musisi. Sendi jari dengan kondisi ini juga terlihat kaku dan sulit digerakkan.

Dislokasi Sendi

Sesuai dengan namanya, hal ini terjadi ketika sendi jari mengalami dislokasi sehingga tidak diposisikan dengan benar.

Tulang Patah dan Retak

Jika cedera ini terjadi di dekat sendi jari, akan terasa nyeri saat ditekan. Selain itu, gejala penyerta lainnya termasuk mati rasa dan gerakan terbatas.

Metastasis

Metastasis adalah tumor yang terbentuk ketika sel kanker telah menyebar ke tulang. Kondisi ini cukup langka dan dirasakan ungu oleh pasien kanker. Gejala yang muncul diawali dengan nyeri tulang dan tangan menjadi lemas.

rheumatoid arthritis

Jenis arthritis yang paling umum yang menyebabkan nyeri pada sendi jari adalah rheumatoid arthritis. Penyakit autoimun ini dapat menyebabkan seseorang mengalami arthritis kronis. Lain dari itu, gejala lainnya adalah jari terasa kaku dan memiliki bentuk yang tidak normal.

Diabetes

Kondisi medis seperti diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf. Akibatnya, dimungkinkan untuk mengalami gejala nyeri, mati rasa dan kesemutan pada kaki dan tangan.