5 Fakta Pegunungan Alpen Yang Wajib Kamu Ketahui

5 Fakta Pegunungan Alpen Yang Wajib Kamu Ketahui

Pegunungan Alpen merupakan salah satu pegunung terindah di Eropa dan merupakan pegunungan besar yang membentang luas meliputi Austria dan Slovenia.

Pegunungan Alpen sendiri dibagi menjadi 2 bagian yaitu Alpen Barat dan Alpen Timur. Pembagian ini terjadi karena adanya garis pantasi di antara Danau Constance dan Danau Como.

Alpen Barat sendiri sebenarnya lebih tinggi, Namun rangkaian pegunungannya lebih pendek dan lebih berliku, Sedangkan Alpen Timur memiliki rangkaian yang lebih lebar dan lebih memanjang.

Selain itu, Ada beberapa fakta pegunungan Alpen yang wajib kamu ketahui sebagai berikut ini.

Letak Geografis Pegunungan Alpen

Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya, Pegunungan Alpen mencakup wilayah yang sangat luas. Saking luasnya, Gunung Alpen membentang hingga melewati beberapa negara yang ada di benua Eropa seperti Slovenia, Prancis, Jerman, Swiss, Italia, Austria hingga Liechtenstein.

Menurut pakar geologi, Sebenarnya pegunungan Alpen terpisah menjadi 3 wilayah bagian yaitu Helveticum di bagian utara, Penninicum dan Pegunungan Austro-Alpen di bagian tengah dan Alpen Dinari yang terletak di wilayah bagian selatan.

Titik Tertinggi Gunung Alpen

Sama seperti pegunungan pada umumnya, Titik tertinggi Gunung Alpen juga menjadi salah satu bagian yang paling terkenal terutama di kalangan para pendaki.

Gunung Alpen memiliki ketinggian mencapai 4.807 mdpl dimana ada 2 bagian puncak yang paling terkenal yaitu Matterhorn pada ketinggian 4.478 mdpl dan Monta Rosa pada ketinggian 4.634 mdpl.

5 Fakta Pegunungan Alpen Yang Wajib Kamu Ketahui

Pedesaan Di Sekitar Gunung Alpen

Salah satu hal terunik di pegunungan Alpen adalah keberadaan pedesaan di sekitar gunung. Ya, Pedesaan di kawasan Gunung Alpen juga tak kalah indahnya. Bahkan desa-desa ini bak seperti berada di negeri dongeng loh.

Juf merupakan salah satu desa yang terletak di wilayah pegunungan Alpen tepatnya di kawasan Swiss pada ketinggian mencapai 2.000 mdpl.

Jadi tidak heran jika negara Swiss sering disebut memiliki desa terindah di dunia karena memang pemandangan alam desa disana yang langsung di latar belakangi oleh pesona pegunungan Alpen.

Sumber Daya Alam Pegunungan Alpen

Selain keindahan alamnya, Kawasan Pegunungan Alpen juga terkenal akan sumber daya alam yang meliputi 3 sungai penting seperti Sungai Po, Sungai Rhine dan juga Sungai Rohne.

Tidak hanya itu saja, Kawasan pegunungan Alpen juga memiliki kebun anggur terbesar di Eropa yang mencapai luas hingga 1.500 meter. Tidak sedikit pula wisatawan yang ingin datang ke kawasan Alpen untuk melihat langsung kebun-kebun anggur.

Pegunungan Alpen Semakin Rusak

Meski memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa indah, Namun tidak bisa di pungkiri jika pegunungan Alpen semakin hari juga semakin rusak.

Kerusakan ini terjadi tidak lain adalah karena ulah manusia sebagai salah satu faktor utama. Beberapa pembangunan kota dekat pegunungan Alpen turut andil menjadi penyebab rusaknya ekosistem alam di sekitar Alpen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *