Serba Serbi Tentang Gunung Yang Menarik Tuh Diketahui

Serba Serbi Tentang Gunung Yang Menarik Tuh Diketahui

Ada banyak hal menarik yang bisa kita dapatkan ketika mendaki sebuah gunung. Di Indonesia sendiri ada begitu banyak gunung yang sangat digemari oleh pendaki, misalnya saja Merapi, Merbabu, Rinjani, Semeru, dan lain sebagainya. Namun, tidak banyak yang mengetahui fakta-fakta unik tentang gunung, berikut ini fakta unik tentang gunung yang perlu kalian ketahui.

Apakah kalian tahu bagaimana sebuah gunung tercipta ? Ternyata proses terciptanya gunung bermula dari dua buah lempengan yang bertabrakan. Pegunungan Himalaya merupakan gunung yang ada karena benturan antara dua lempeng, yakni lempengan India dan Benua Asia.

Sudah tahu gunung tertinggi di dunia ? Jawabannya adalah Mount Everest. Gunung tersebut terletak di Nepal. Gunung ini masuk kedalam The Seven Summits, yakni tujuh puncak gunung tertinggi di dunia, salah satunya ada di Indonesia loh ! Ya, Gunung Cartensz yang ada di Papua ! Keren yah. Orang Tibet menyebut Puncak Everest sebagai “Chomo Lungma” yang berarti “Ibu Dewi Dunia”.

Gunung ternyata juga terbagi menjadi dua, yakni gunung tua dan gunung muda. Gunung tua memiliki puncak yang tumpul dan cenderung membulat ( sudah terkikis es, hujan, angin ), sedangkan gunung muda biasanya memiliki puncak yang tajam dan cenderung curam untuk didaki.

Ada sekitar 10.000 gunung berapi yang ada di dunia. Namun hanya ada sekitar beberapa ratus saja yang masih aktif hingga saat ini. Salah satu gunung berapi paling hebat yang ada di dunia berada di Indonesia, gunung tersebut adalah Gunung Krakatau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *