Fakta Tentang Gunung Pangrango Yang Wajib Kalian Tahu

Fakta Tentang Gunung Pangrango Yang Wajib Kalian Tahu

Salah satu gunung yang cukup populer di telinga para pendaki adalah Gunung Gede Pangrango. Gunung ini masuk kedalam kawasan lindung Jawa Barat, yakni Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Salah satu hal yang membuat gunung ini sangat populer adalah adanya spot untuk melihat keindahan bunga edelweiss yang langka.

Gunung ini juga menjadi lokasi syuting film Hom Pim Pa. Berbicara terkait Gunung Pangrango, mari kita bahas serba-serbi gunung ini lebih jauh.

Gunung Pangrango merupakan satu dari lima taman nasional yang ada di Indonesia dan diumumkan dan dibuka untuk publik pada tahun 1980 silam.

Karena gunung ini sangat luas, administrasinya masuk kedalam tiga wilayah, yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan terakhir Kabupaten Sukabumi.

Sudah tahu siapa orang pertama yang berhasil menaklukkan puncak Pangrango ? Ternyata bukan WNI melainkan WNA Jerman yangh bernama C.G.C Renwardt di bulan April 1819. Ia juga menjadi orang yang mendirikan Kebun Raya Bogor.

Menariknya lagi, Gunung Pangrango ditetapkan UNESCO sebagai Cagar Biosfir di tahun 1977 silam.

Ada satu spot yang bernama Alun-alun Kencana dimana para pendaki bisa menikmati taman bunga edelweiss disini. Banyak pendaki yang menjadi tempat ini sebagai spot camping karena sangat indah.

Ada satu tempat yang cukup istimewa disini yang bernama Lembah Mandalawangi. Tempat ini pernah menjadi tempat menghabiskan waktu oleh Soe Hok Gie, tentu kalian sudah tahu bukan sosok fenomenal yang satu ini ? Bahkan Soe Hok Gie membuat sebuah puisi yang berjudul Mandalawangi – Pangrango.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *