Jalur Pendakian Yang Ada Di Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung yang menjadi salah satu rekomendasi bagi para pendaki. Gunung ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl dan menjadi gunung yang memiliki panorama alam yang sangat indah. Untuk memulai pendakian di gunung ini, kalian bisa memilih tiga jalur yang berbeda. Jalur tersebut adalah jalur pendakian via desa Sembalun, jalur pendakian via desa Senaru dan jalur pendakian via desa Torean.

Ketiga jalur ini punya karakter yang berbeda. Untuk kalian pendaki yang bertipe tracker, kalian bisa mengambil jalur Sembalun yang memiliki jalur yang datar. Jalur pendakian yang landai membuat pengalaman mendaki kalian sedikit berbeda, pasalnya jika kalian melewati jalur ini, kalian akan merasakan teriknya matahari karena jalur yang kalian ambil termasuk landai.

Jika kalian menginginkan pendakian yang sedikit menantang, kalian bisa mengambil jalur Senaru. Jalur yang harus kalian lalui sedikit terjal dan berbatu sehingga memberikan kesan mendaki yang lebih seru dan mendebarkan. Untuk dapat mencapai puncak, kalian membutuhkan waktu hingga 4 jam lamanya.

Gambar terkait

Jalur Torean merupakan jalur yang paling tidak populer jika dibandingkan kedua jalur tadi. Tetapi ada satu kelebihan yang bisa didapatkan oleh para pendaki jika melalui jalur ini, yakni pemandian belerang yang tersedia di beberapa titik pendakian. Kalian yang lelah berjalan bisa beristirahat sebentar sambil berendam di kolam belerang yang panas.

Tujuan utama dalam sebuah pendakian tentu puncak dari gunung yang kita daki. Puncak Ranjani merupakan puncak gunung yang mampu memberikan keindahan yang luar biasa. Panorama yang ditawarkan dari puncak gunung Ranjani sangatlah indah sehingga mampu menghipnotis siapa saja yang berhasil menginjakkan kakinya di puncak. Untuk bisa mencapai puncak Ranjani, kalian harus sedikit bersabar karena medan yang akan kalian tempuh sangat terjal dan berbatu sehingga sangat berbahaya.

Jika cuaca sedang bagus, kalian bisa melihat gunung Agung Bali, Gunung Raung dan Gunung Tambora di Sumbawa dengan sangat jelas. Siapkan kamera terbaik kalian untuk mengabadikan keindahan ketiga gunung tadi. Jangan lupa agar tetap berhati-hati ketika mendaki, jangan sampai karena tidak sabar, kita malah terjatuh dan terluka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *