Fakta Tentang Gunung Lawu – Gunung Paling Mistis Di Jawa

Fakta Tentang Gunung Lawu - Gunung Paling Mistis Di Jawa

Gunung Lawu merupakan gunung tertinggi keenam di Pulau Jawa. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.265 mdpl dan menjadi gunung yang paling banyak dikaitkan dengan cerita-cerita mistis.

Sangking banyaknya cerita mistis yang beredar tentang Gunung Lawu, pada waktu tertentu gunung ini akan didatangi penjiarah dari berbagai daerah. Namun selain cerita mistis yang ada, kalian juga perlu tahu fakta tentang Gunung Lawu, check this out.

Gunung Lawu terletak di dua provinsi, yakni Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Di area lereng Gunung Lawu terdapat satu jalan yang menghubungkan kedua wilayah tersebut.

Gambar terkait

Untuk mendaki Gunung Lawu terdapat dua jalur pendakian resmi yang bisa dipilih, yakni jalur pendakian Cemoro Kandang serta jalur pendakian Cemoro Sewu. Kedua jalur ini terletak di tempat yang berdekatan namun berada di wilayah yang berbeda, menarik bukan ? Sebenarnya masih ada jalur lainnya yang bernama Cetho, namun jalur ini belum diresmikan oleh pihak pengelola.

Di Gunung Lawu terdapat satu warung yang terletak di ketinggian 3.000 mdpl. Warung ini dinobatkan sebagai warung dengan letak tertinggi. Pemilik warung ini bernama Mbok Yem yang merupakan orang asli Magetan. Warung tersebut sudah berdiri selama 25 tahun lamanya dan menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa dibeli. Selain itu terdapat tempat bermalam sederhana yang bisa disewa oleh para pendaki.

Sebagai tambahan informasi saja, Gunung Lawu tidak disarankan bagi pendaki pemula, mengapa ? Karena jalur yang harus ditempuh tergolong sulit. Selain itu karena cuaca yang sangat dingin, sangat disarankan membawa pakaian hangat agar tidak mengalami hipotermia saat mendaki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *