Misteri Dibalik Keindahan Gunung Sindoro Di Jawa Tengah

Misteri Dibalik Keindahan Gunung Sindoro Di Jawa Tengah

Salah satu gunung berapi aktif yang terletak di Pulau Jawa adalah Gunung Sindoro. Gunung ini terletak di Jawa Tengah dan memiliki ketinggian 3.150 mdpl. Karena landscape alam yang begitu indah, gunung ini menjadi salah satu gunung yang difavoritkan oleh para pendaki.

Layaknya gunung pada umumnya yang diliputi cerita mistis, Gunung Sindoro juga sama. Ada beberapa cerita aneh tentang Gunung Sindoro, yuk kita bahas bersama.

Menurut kepercayaan masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Sindoro, ada jin dan bidadari baik yang menjaga gunung ini. Para jin dan bidadari ini tidak suka dengan hal-hal kotor. Bahkan banyak cerita yang mengatakan bahwa bunga edelweiss yang ada di Gunung Sindoro akan tetap wangi hingga 3 tahun sejak dilepas dari tangkainya, hal ini diyakini karena adanya bidadari yang menjaga tempat tersebut.

Hasil gambar untuk gunung sindoro

Gunung Sindoro juga dianggap sebagai pusat dari feminitas tanah Jawa, jika diibaratkan mungkin seperti Yin dan Yang dalam kebudayaan atau fengshui Tionghua. Menurut ahli fengshui, Gunung Sindoro melambangkan feminitas dan bersifat dingin sedangkan Gunung Sumbing merupakan pusat maskulinitas dan bersifat panas.

Ketika mendaki Gunung Sindoro, tata krama dan sopan santun harus dijunjung tinggi. Menurut legenda, jika kalian bercakap kotor atau melakukan hal-hal kotor ketika mendaki, maka kalian akan dibuat bingung dan tersesat oleh kabut hitam. Masyarakat menyebut kabut tersebut sebagai “Pedhut”.

Pernah terjadi fenomena aneh di Gunung Sindoro, yakni sinar matahari yang tampak seperti terbelah. Entah apa yang mendasari fenomena ini, hingga saat ini para ilmuwan masih belum bisa memecahkan teka teki sinar matahari yang terbelah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *