Serba Serbi Tentang Gunung Kinabalu, Tertarik Untuk Mendaki Sobat ?

Serba Serbi Tentang Gunung Kinabalu, Tertarik Untuk Mendaki Sobat ?

Salah satu gunung tertinggi di Pulau Kalimantan adalah Gunung Kinabalu. Meski letaknya ada di Kalimantan, namun secara geografis Gunung Kinabalu masuk kedalam wilayah Malaysia.

Menariknya, Gunung Kinabalu masuk kedalam World Heritage Site dan disahkan langsung oleh UNESCO. Artinya, Gunung Kinabalu diawasi langsung oleh PBB. Gunung ini terkenal akan keberagaman flora dan faunanya sehingga sangat digemari oleh para pendaki.

Hasil gambar untuk Gunung Kinabalu

Gunung Kinabalu memiliki ketinggian mencapai 4.095 mdpl, berkat ketinggiannya tersebut, Gunung Kinabalu masuk kedalam daftar gunung tertinggi di ASEAN. Selain itu biaya pendakian yang harus dikeluarkan jauh lebih murah dan terjangkau ketimbang mendaki Gunung Cartensz di Papua.

Kerennya lagi, Gunung Kinabalu dikelola langsung oleh pemerintah dan juga swasta. Semuanya tertata dengan sangat rapi serta memiliki orientasi yang jelas, termasuk pelayanan yang diberikan kepada para pendaki. Disini para pendaki dapat menemukan makanan prasmanan, pos pendakian, serta kamar mandi yang bersih.

Hasil gambar untuk Gunung Kinabalu

Tidak sampai disitu saja, pada ketinggian 3200 mdpl, terdapat hotel serta helipad yang dapat digunakan untuk keperluan penting. Setelah melakukan pendakian di Gunung Kinabalu, kalian akan mendapatkan CERTIFICATE OF ACHIEVEMENT, mantap bukan ?

Untuk urusan kebersihan, kalian tidak perlu ragu, disini sangat bersih ! Disetiap pos pemberhentian akan ada arahan dan guide tentang sistemasi pembuangan sampah disana. Meski disediakan toilet, tidak ada tuh yang namanya sampah tissue berserakan disekitaran toilet, good job !

Hasil gambar untuk Gunung Kinabalu

Meski Gunung Kinabalu memiliki ketinggian yang cukup menantang, namun gunung ini masih dapat didaki oleh pendaki pemula. Jalur yang ada disini terbilang ramah dan mudah untuk dilalui. Tertarik untuk mendaki Gunung Kinabalu ini ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *