Daftar Puncak Tertinggi Di Dunia ( The 7 Summits )

The Seven Summits atau Tujuh Puncak Tertinggi di dunia merupakan impian dan obsesi para pendaki yang ada di seluruh dunia. Untuk menaklukkan puncak tertinggi di dunia juga tidak mudah, selain medan yang curam serta udara ekstrim yang begitu dingin membuat proses pendakian menjadi sangat sulit. Mari kita lihat puncak apa saja yang masuk kedalam The Seven Summits.

Pertama adalah Puncak Jaya ( Cartensz ). Puncak yang satu ini terletak di Papua, tepatnya di pegunungan Cartensz. Ketinggiannya mencapai 4.884 mdpl dan diselimuti es pada bagian puncaknya. Gunung ini merupakan gunung gletser tropika satu-satunya di Indonesia.

Kedua adalah Puncak Vinson Massif. Puncak ini terdapat di Gunung Vinson yang memiliki ketinggian 4.892 mdpl dan dikenal sebagai pegunungan paling mematikan didunia.

Ketiga adalah Puncak Elbrus. Puncak yang satu ini terletak di pegunungan Caucasus dan memiliki ketinggian mencapai 5.642 mdpl. Uniknya lagi, pegunungan Caucasus terletak di beberapa wilayah, yakni Eropa Timur dan Asia Barat.

Keempat adalah Puncak Kilimanjaro. Puncak ini terletak di benua Afrika, tepatnya di Tanzania. Puncak tertingginya bernama Uhuru Peak yang mencapai ketinggian 5.895 mdpl.

Kelima adalah Puncak Mount Denali. Lokasinya ada di Alaska dan memiliki ketinggian mencapai 6.194 mdpl. Gunung ini terkenal akan cuacanya yang sangat dingin dan ekstrim.

Keenam adalah Aconcagua. Puncak ini merupakan puncak tertinggi yang ada di Amerika dan terletak di pegunungan Andes. Tingginya mencapai 6.962 mdpl dan menjadi gunung yang paling difavoritkan oleh pendaki profesional dunia.

Ketujuh adalah Mount Everest. Kalau gunung yang satu ini tidak perlu diragukan lagi popularitasnya. Ketinggiannya saja mencapai 8.850 mdpl sehingga dinobatkan sebagai gunung tertinggi di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *