Fakta Menarik Tentang Suspension Bridge Di Indonesia

Apakah kalian sudah pernah berkunjung ke Sukabumi ? Di sini ada satu wisata jembatan gantung yang sangat menarik, namanya adalah Situ Gunung Suspension Bridge. Jembatan ini digadang-gadang menjadi jembatan gantung tertinggi di Asia.

Jembatan ini memiliki panjang 243 meter dan memiliki elbar 18 meter. Suspension Bridge ini melintasi jurang dengan ketinggian 161 meter diatas permukaan tanah.

Meski jembatan ini di desain untuk menampung beban seberat 55 ton atau sekitar 150 orang, namun pihak pengelola hanya membatasi 40 orang saja dalam sekali penyebrangan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Lantai jembatan ini terbuat dari kayu ulin yang didatangkan langsung dari Papua. Ulin yang dikenal sebagai kayu besi merupakan pohon khas dari daerah Kalimantan. Untuk ketahanan dan kekuatannya sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi.

Tidak perlu meragukan keamanan dari jembatan ini, pasalnya pembangunannya sudah menggunakan 5 sling, sedangkan biasanya jembatan hanya dibangun dengan 3 sling saja. Untuk keamanan, jembatan ini sudah menggunakan jaring kawat dengan ukuran 4mm dengan tinggi 120 meter.

Menariknya lagi, pembangunan jembatan Suspension sudah memakan biaya lebih dari 4 miliar Rupiah. Pembangunan ini dipercaya dapat meningkatkan sektor wisata yang ada di Sukabumi. Suspension Bridge ini menyambungkan dua tempat, yakni Curug Sawer dan Situ Gunung.

Sebagai tambahan informasi saja, Jembatan gantung tertinggi di dunia terletak di Millau Villaduct, Perancis dengan ketinggian mencapai 343 meter diatas permukaan tanah, hampir dua kali lipat ketinggian yang ada di Suspension Bridge Situ Gunung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *